Bapak Gilang Ocsaditya Pradana Menjadi Juri dalam Pameran Pendidikan se-Kota Surabaya

Pada bulan Februari 2024 MKKS SMK se-Kota Surabaya kembali mengadakan Pameran Pendidikan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pameran ini dimeriahkan dengan banyaknya pertunjukan seni, baik seni musik, seni tari, dan sendratasik (gabungan seni drama, tari, dan musik) dari berbagai sekolah SMK se-Kota Surabaya sebagai pengisi acaranya. Tidak hanya itu, untuk menambah kemeriahan acara Pameran Tersebut, Panitia MKKS se-Kota Surabaya juga mengadakan ajang lomba, diantaranya ada lomba Paduan Suara, Vokal Solo, dan Lomba Band. Lomba yang diselenggarakan ini untuk siswa-siswi tingkat SMP baik Negeri maupun Swasta di Surabaya.

Salah satu juri dari lomba tersebut adalah Bapak Gilang Ocsaditya Pradana, M.Pd. (Guru Musik SMPI Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya) yang kerap disapa atau dikenal dengan nama Gilang Oxa. Beliau bertugas sebagai salah satu juri untuk lomba Vokal Solo, dan Lomba Band. Menurut beliau, lomba tahun ini adalah lomba dengan bobot kualitas peserta yang sangat baik dan relatif merata dibanding lomba serupa pada tahun sebelumnya. Dari 20 peserta untuk lomba Vokal Solo dan 12 peserta untuk lomba Band, semuanya nyaris memiliki kualitas keterampilan yang sama. Perbedaan nilai antar peserta lomba terpaut sangat tipis, sehingga diperlukan kejelian dan kemampuan analisa yang baik dalam menilai lomba.

Saya sangat mengapresiasi para peserta lomba, baik lomba Vokal Solo maupun lomba Band tingkat pelajar SMP ini. Dengan usia yang begitu muda, namun antusias, selera, dan keterampilan musik mereka tidak kalah dengan para musisi profesional. Mereka sangat mahir dalam olah vokal, mahir dalam bermain alat musik gitar, bass, keyboard, dan drum. Tentunya hal ini tidak luput dari peran Orang Tua dan Sekolah yang sangat mensuport hobi anak-anak dan peserta didiknya. Hobi anak-anak yang positif harus terus didukung karena pendidikan itu tidak hanya berbicara tentang akademik saja, namun non-akademik juga perlu diperhatikan.” Ucap beliau.

Bapak Gilang Ocsaditya Pradana, M.Pd. atau Gilang Oxa ini pernah menempuh Pendidikan Sarjana di Universitas Negeri Surabaya Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (konsentrasi musik) pada tahun 2011-2015, dan Pendidikan Pasca Sarjana di Universitas Negeri Surabaya Program Studi Seni Budaya 2016-2019. Saat ini Bapak Gilang Oxa mengemban amanah mendidik anak-anak di SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya Jl. Bhaskara Utara No.1, Mulyorejo, Kota Surabaya sebagai guru Mata Pelajaran Seni Musik. Bapak Gilang juga beberapa kali berhasil mengantarkan anak-anak didiknya di Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya meraih penghargaan dalam bidang musik. Melalui tangan dinginnya, Pak Gilang mampu menyulap pembelajaran seni musik menjadi pembelajaran yang menarik, dan mampu melahirkan talenta-talenta hebat di bidang musik.

Facebook
Twitter
Email
Print

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *